Increase Your Knowledge :)


Minggu, 24 Juli 2016

PART 1 - SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) - Definisi, Kelebihan, dan Fokus Materi

[PART 1]
Haloo! Nah sesuai janji kali ini gue bakal bahas mengenai SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Gak cuma definisi, disini gue juga bakalan bahas mengenai tips-tips menghadapi SBMPTN. Monggo scroll ke bawah ↓↓
https://www.unila.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/~~~
Walaupun namanya mirip, tapi SBMPTN dan SNMPTN itu beda banget lo guys. SBMPTN  adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri yang HANYA melihat dari NILAI TES SBMPTN. So, mau nilai rapot elo bagus, mau elo juara satu umum, mau elo juara olimpiade internasional, semua itu GAK ADA PENGARUHNYA. Jadi istilahnya, lolos tidaknya elo pada perguruan tinggi yang elo tuju cuma bergantung pada kesuksesan elo pada satu hari saja, yaitu hari tes SBMPTN.
SBMPTN sering menjadi momok bagi seluruh pelajar yang telah memasuki bangku kelas XII. SBMPTN kerap disebut jalur paling “sangar” karena memang soal-soal yang diujikan di SBMPTN beberapa kali lipat lebih sulit dari soal UN. Bahkan, soal yang diujikan pada SBMPTN acapkali merupakan materi perkuliahan, bukan materi SMA yang dipelajari di bangku sekolah. So, elo gak bisa mempersiapkan diri lo buat SBMPTN hanya dengan belajar beberapa hari saja.
Serupa dengan SBMPTN, terdapat pula jalur masuk perguruan tinggi lain melalui tes yang disebut JALUR MANDIRI. Nah tingkat kesulitan soal jalur mandiri bervariasi, tergantung kebijakan perguruan tinggi itu sendiri. Ada yang lebih mudah, namun ada pula yang lebih susah. (contohnya SIMAK UI, ini soalnya sangar banget).
Kesimpulannya, kelebihan yang ditawarkan jalur SBMPTN :
-   Pride, orang-orang yang lolos lewat jalur ini biasanya dipandang sebagai siswa pintar yang emat niat belajar.
-   Hemat biaya pendaftaran, biaya pendaftaran SBMPTN tahun 2016 untuk peserta bidikmisi adalah gratis, sedangkan untuk non-bidikmisi hanya Rp 200.000. (Bandingkan dengan biaya pendaftaran jalur mandiri yang berkisar antara Rp 300.000 – Rp 500.000).
-   Bisa tes di domisili sendiri. Jika PTN yang elo pilih salah satunya ada yang berada di wilayah domisili lo (untuk pembagian wilayah silahkan akses di sbmptn.ac.id), elo gak perlu keluar daerah untuk ikut tes SBMPTN. (Bandingkan dengan jalur mandiri, elo harus datang ke PTN tujuan elo untuk mengikuti seleksi mandiri disana).
-   Gak perlu bayar UKA (Uang Kuliah Awal), mahasiswa yang lolos lewat jalur mandiri biasanya dikenai UKA dengan kisaran Rp 5.000.000 – Rp 250.000.000.
~~~
STRATEGI BELAJAR SBMTPN
(note : apa yang gue tulis disini sebagian besar adalah pengalaman pribadi gue sendiri, kalau ada perbedaan metode dengan teman-teman yang lain ya wajar :P Jadi silahkan positifnya diambil, yang negatif di skip aja)
DAHULUKAN BELAJAR PADA BAGIAN YANG KURANG ATAU FOKUSKAN PADA MATERI YANG UDAH KITA BISA?
Saran gue : fokusin pada apa yang elo bisa.
Belajar pada bagian materi yang elo kurang pandai itu penting, karena pada aturan SBMPTN sudah dijelaskan bahwa “tidak ada mata pelajaran yang dapat diabaikan” dan terdapat pula rumor kalau ada satu pelajaran yang elo 100% kosong, maka elo otomatis gugur pada SBMPTN (gue gak tau rumor ini bener atau enggak), maka setidaknya elo WAJIB menjawab1 – 3 soal pada mata pelajaran yang elo bener-bener gak mampu.
Setelah elo nyadar letak kekurangan elo, saatnya elo perbanyak “forsir diri” pada pelajaran yang elo tau elo mampu / elo tau elo “master” disana. Usahakan pada pelajaran tersebut, dari 15 soal elo bisa ngerjain minimal 6-8. Jangan maksain buat jawab semua soal, karena memang ada beberapa soal yang levelnya dibuat sangat sulit. Inget penilaian SBMPTN benar 4 salah -1 kosong 0.

Pengalaman gue : gue termasuk orang yang gak bisa banget matematika. Praktis pas SBMPTN, matematika IPA gue cuma jawab 2 soal (1 bener 1 salah) dan pas matematika dasar gue cuma jawab 1 soal (1 bener). Tapi kekurangan itu gue imbangin di pelajaran fisika gue jawab 6 soal (6 bener), kimia jawab 8 soal (8 bener), biologi jawab 12 soal (7 bener 5 salah), bahasa indonesia jawab 13 soal (10 bener 3 salah), sisanya yang TPA gue lupa, hehe.

PART 2 SILAHKAN KLIK DISINI

PART 3 SILAHKAN KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar