Increase Your Knowledge :)


Minggu, 24 Juli 2016

PART 2 - SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) - TKPA/TKD, Konsep/Rumus, dan Bimbel

[PART 2]
BELAJAR TKPA ATAU TKD DULUAN?
Nah buat elo yang belum tau bedanya, TKPA adalah Tes Kemampuan Potensi Akademik, isinya biasanya soal-soal bahasa, logika, verbal, gambar, hitung-hitungan sederhana, dsb. Sedangkan TKD adalah Tes Kemampuan Dasar, isinya adalah soal matematika, biologi, kimia, dan fisika masing-masing 15 soal.
https://img.okezone.com/content/2016/01/18/65/1290509/TKPA seringkali dianggap remeh dan kurang penting dibandingkan TKD. Padahal, TKPA dapat menjadi lumbung nilai yang bagus banget buat nambah skor SBMPTN elo nanti. Perlu diperhatikan, TKPA ENGGAK SEGAMPANG KELIATANNYA. Banyak jebakan yang bisa aja bikin nilai elo banyak minusnya. Kunci dari belajar TKPA adalah : PERBANYAK LATIHAN. Seiring dengan semakin terbiasanya elo dengan pola soal dan pola “cara menjawab” soal TKPA, skor elo pasti akan meningkat signifikan. Selain itu, elo mungkin aja bisa menjawab sebagian besar soal TKPA dengan benar, tapi belum tentu dengan cepat. Ingat! Waktu pengerjaan SBMPTN sangat singkat jadi elo harus menyusun strategi bagaimana menjawab dengan BENAR dan CEPAT.
TKD Sering menjadi momok bagi peserta SBMPTN karena pada bagian inilah hasil belajar elo benar-benar diuji. Kalau elo ikut bimbel SBMPTN, biasanya elo bakal lebih di-drill pada bagian ini. Seperti yang gue jabarin di poin sebelumnya, jangan maksain diri elo untuk menguasai seluruh mata pelajaran tersebut. Elo bisa aja jadi stress dan putus asa. So elo bisa nentuin batas misalnya 1 pelajaran elo kurang bisa, 1 pelajaran elo master, dan 2 pelajaran lainnya berkisar pada rata-rata.
Kembali pada pertanyaan di atas : TKPA atau TKD duluan? Jawaban gue : TKPA. Sesulit-sulitnya soal pada bagian ini pasti ada yang bisa elo kerjain, tinggal elo memantapkan pada jenis-jenis soalnya aja. Sedangkan untuk TKD ada baiknya belajar pelan-pelan sambil jalan, terutama karena banyak materi TKD yang baru muncul pada kelas 12 semester 2. Jadi buat elo yang udah mulai siap-siap semenjak awal kelas 12, silahkan persiapkan TKPA duluan.
PAHAMI KONSEP ATAU HAPAL RUMUS CEPAT?
Saran gue : pahami konsepnya terus hapalin rumus cepatnya (kalau ada).
Hapal rumus cepat tapi gak tau darimana asal rumusnya bakal sia-sia banget buat elo. Ingat! Soal-soal SBMPTN enggak seperti soal-soal UN yang biasanya tinggal masukin rumus langsung dapet jawaban. Soal SBMPTN kebanyakan harus dibawa muter-muter dulu, atau ngegabungin antara materi yang satu dengan materi yang lain. Bisa aja suatu soal yang lo kira bisa menggunakan rumus cepat tertentu, ternyata enggak bisa karena beda konsep. So, be careful.
Walaupun agak repot dan bikin capek, tapi gak ada ruginya kalau elo bisa paham akan konsep materi yang sebenarnya. Ingat! Soal SBMPTN juga banyak yang berupa teori (biasanya pada soal sebab-akibat) nah kalau elo jagonya cuma di hitung-hitungan rumus cepat doang, elo bakal kehilangan poin berharga dari soal teori/konsep ini.
PERLUKAH GUE IKUT BIMBINGAN BELAJAR?
Jawaban gue : tergantung.
Kalau elo selama ini ngerasa kurang memperhatikan pelajaran di kelas, terus dirumah juga jarang belajar, dan orang tua elo juga memiliki dana untuk biaya bimbel, bagus banget kalau elo ikut bimbingan belajar. Program bimbel SBMPTN intensif biasanya dibuka sebulan sebelum SBMPTN, dan elo akan belajar tiap hari (kecuali Minggu) mengerjakan soal-soal SBMPTN. Program intensif ini ditawarkan hampir semua lembaga bimbingan belajar, seperti Ganesha Operation, Sony Sugema College, Wangsit, Nurul Fikri, dll. Kalau elo gak suka bimbel, elo bisa nyobain les privat. Yang perlu jadi catatan bahwa biaya program intensif SBMPTN ini CUKUP MAHAL, berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 untuk satu bulan belajar.

Gue termasuk siswa yang TIDAK ikut bimbel seperti yang gue jabarin di atas. Sebagai gantinya, gue ikut bimbel online. Kelebihannya adalah biaya lebih murah dan elo bisa belajar kapan aja elo mau dengan materi apa aja yang elo butuhkan. Kekurangannya elo gak bisa tanya-tanya ke guru kalau misalnya ada materi yang enggak elo ngerti. Untuk ragam bimbel onlinenya, gue sendiri adalah pengguna Zenius. Alternatif lainnya elo bisa coba Quipper dsb.

PART 1 SILAHKAN KLIK DISINI


PART 3 SILAHKAN KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar